0


Info Terkini - Kita selama ini menganggap insomnia adalah satu-satunya gangguan tidur pada manusia.
Padahal bisa tidur pun tidak menjamin kita mengalami gangguan tidur.
Satu di antaranya adalah kita terbangun pada jam yang sama setiap harinya.
Ada beberapa tipe orang yang terbiasa bangun di tengah malam pada waktu yang sama.
Apa kamu termasuk dalam tipe ini?

Jika iya, mari kita lihat apa yang menjadi penyebab kamu mengalami kondisi seperti itu yuk!

1.Posisi tidur yang salah

Gejala seperti kelelahan kronis, sakit kepala, nyeri ulu hati dan nyeri leher atau punggung dapat disebabkan oleh postur tubuh yang tidak benar saat tidur.
Kamu juga perlu memperhatikan tempat tidur mau apakah terlalu keras atau tidak.
Pastikan kamu menggunakan bantal yang mendukung posisi leher dan kepala kamu.
Dr John Douliard menjelaskan, posisi tidur di sisi kiri dapat meningkatkan pencernaan dan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan emosional dan membantu sistem limfatik untuk berfungsi dengan baik.

2.Sleep apnea

Sleep apnea berarti saluran udara sebagian atai seluruhnya diblokir dan ini dapat menyebabkan kamu berulang kali berhenti bernapas.
Kondisi seperti ini, bisa membuatmu bangun karena kamu mengalami penurunan kadar oksigen dalam darah.
Beberapa gejala sleep apnea meliputi sakit kepala, mulut kering, nyeri dada, kantuk berlebihan dan perubahan suasana hati.

3.Sindrom kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah atau restless legs sydrome (RLS) merupakan kelainan umum yang mempengaruhi sistem saraf tubuh.
Kelainan pada saraf ini ditandai dengan dorongan kuat, yang biasanya sulit dilawan, untuk terus menggerak-gerakkan kaki.
Masalah neurologis ini menyebabkan rasa gatal, sakit atau berdenyut di bagian bawah kakimu.
Jika kamu mengalami kondisi ini, kamu bisa melakukan pijat kaki, olahraga ringan dan mandi air hangat untuk mengurangi gejalanya.

4.Menghabiskan waktu dengan ponsel

Beberapa penelitian sudah menjelaskan bahwa paparan sinar biru dari ponsel bisa benar-benar merusak kualitas tidur kamu.
Paparan cahaya biru selama malam hari bisa mencegah tubuh untuk memproduksi hormon tidur melatonin.

Post a Comment

 
Top